Tripleks



Tripleks (triplex) atau dikenal juga sebagai multipleks (multiplex) merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak sekali digunakan untuk keperluan rumah baik dari tahap pembangunan hingga interior.

Triplek 3 mm sampai 4 mm umum digunakan untuk pembentukan bedeng atau rumah sementara bagi para pekerja / tukang bangunan.

Triplek 9 mm umum digunakan untuk pengecoran / pembuatan dak sebagai penyangga material cor.

Triplek 3 mm dan 4 mm masih menjadi favorit bagi beberapa orang untuk dijadikan sebagai penutup plafon atau langit-langit.

Triplek juga menjadi bahan dasar untuk pembuatan berbagai macam furniture, seperti meja, lemari, sofa dan banyak lagi.

Triplek memiliki karakternya masing-masing. Triplek yang banyak diperjualbelikan di toko bahan bangunan pada umumnya adalah yang terbuat dari Kayu Palem. Triplek ini terlihat lebih bersih namun kalah dalam hal kekuatan. Apabila triplek ini diletakkan pada posisi berdiri untuk waktu yang cukup lama, maka triplek tersebut akan melengkung atau berubah bentuk.
Triplek yang terbuat dari Kayu Meranti lebih kuat dan tidak melengkung dalam waktu yang sangat lama.

Sementara untuk pengecoran biasa digunakan triplek dengan kualitas 2 atau BS. Dengan harga yang lebih murah, namun dengan kekuatan yang sama yang dibutuhkan untuk cor, membuat triplek BS menjadi alternatif utama bagi mereka yang sedang membangun rumah. Sesuai dengan namanya, triplek ini tidak rata di permukaannya dan terutama pada ujung-ujung triplek.

Triplek tersedia dalam ukuran 122cm x 244cm dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 3mm, 4mm, 6mm, 8mm, 9mm, 12mm, 15mm hingga 18mm. Triplek ukuran pintu (91,5cm x 213,5cm) tersedia dengan ketebalan 3mm

Teakwood tersedia dalam 2 ukuran yaitu ukuran pintu (91,5cm x 213,5cm) dan ukuran standar (122cm x 244cm). Teakwood memiliki urat kayu yang jauh lebih indah dibandingkan triplek biasa. Teakwood menjadi pilihan utama bagi mereka yang hendak menampilkan urat kayu yang indah pada interior ruangan atau furniture mereka.

Ada lagi yang disebut Melamin Doff dan Melamin Kilat. Melamin Doff memiliki permukaan putih yang tidak mengkilat, sementara Melamin Kilat memiliki permukaan putih yang mengkilat.

Untuk informasi lebih lanjut :

Bintang Utama
Jl Danau Agung 2 No 67, Sunter 14350
Jakarta Utara, Indonesia
Telp / Fax : 64713155